RIYANTO WIDI PRANOWO, S.TH., MM TERPILIH SECARA AKLAMASI SEBAGAI KETUA DPD PIKI KALIMANTAN SELATAN MASA BAKTI 2023-2028.


Mediakalsel.my.id - Banjarmasin

Melalui Konferda yang dilaksanakan pada tanggal 24 Nopember 2023, di RM. Lima Rasa, Pendeta Riyanto Widi Pranowo, S.Th., MM terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD PIKI (Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia) Kalimantan Selatan masa bakti 2023-2028.


Setelah terpilih, Ketua sekaligus formatur, yang akrab dipanggil Pdt. Widi ini, langsung mengadakan diskusi dengan peserta Konferda untuk menyusun struktur kepengurusan, sehingga tersusun pengurus inti berikut


Ketua : Pdt. Riyanto Widi Pranowo, S.Th.,MM

W.Ketua I : Pdt. Christopson Matias Tigoi, M.Th

W.Ketua II : DR. dr. Dharma PTR Maluegha, SpPB-RE(K)


Sekretataris : Pdt. Denny Susanto, MM.,M.Th

W.Sekretaris : Pdt. Indrawan Effendi, SS.,B.Acc


Bendahara : Ir. Hari N. Akimas, ST.,M.M.,M.Th.,IPM

W.Bendahara : Pdt. Hartanto Yogyo Atmojo, SP.,M.Th



Dalam pengarahannya sebelum dimulainya konferda, Sekretaris Jendral DPP PIKI Pdt. Dr. Audy WMR Wuisang antara lain menyampaikan "Dalam rangka berjuang dan berkontribusi bagi pembangunan nasional kita membangun partisipasi politik dan partisipasi teologis kemasyarakatan selalu berada diatas ketegangan dualisme antara oikumenisme dan nasionalisme. Dimana kita sering menyebutnya ketegangan kreatip. Sehingga menyebabkan atau mengakibatkan panggilan kita seharusnya tidak semata tertuju untuk kepentingan kita kesorga tetapi juga tertuju pada upaya-upaya untuk kemasalahatan bersama dengan pemerintah".


Audy juga mengingatkan pesan pendiri PIKI, Dr. Leimena, bahwa tugas kita bukan cuma berdoa tetapi melalui iman kristen hendaknya diarahkan juga untuk kesejahteraan bersama bagi rakyat Indonesia. Dan PIKI mewarisi amanat ini. Untuk dikerjakan dimanapun panji PIKI ditempatkan.


Konferda ini juga dihadiri oleh

1. Hadi S, mewakili Kanwil Kemenag Kalsel

2. Mewakili Kaban Kesbangpol Kalsel

3. Pdt. Kornelius Sukaryanto, M.Th dari PGIW Kalsel

4. PGPI Kalsel

5. Calon-calon DPC PIKI (Dari Kab. Tanah Laut dan Kab. Tabalong)

6. Serta para pendeta, pemuda dan mahasiswa dari berbagai gereja di Kalimantan Selatan.


Dalam konprensi pers Sekjen DPP PIKI menjelaskan PIKI adalah Persatuan Intelingensia Kristen Indonesia. Inteligensia yang dimaksud adalah kelompok orang yang mampu dan sanggup untuk mengidentifikasi masalah-masalah di masyarakat dan menemukan solusi bagi persoalan-persoalan yang diidentifikasi. Tentu basis spritualnya Kristen. Kami melakukan itu adalah sebagai tanggung jawab iman dan tanggung jawab sosial kami.

PIKI adalah lembaga kehormatan Keisten tertua. Pada tahun 2023 telah berusia 60 tahun.

Bahkan Tokoh PIKI, Radius Prawiro adalah salah satu inisiator sekaligus penanda tangan terbentuknya sekber Golkar yang kemudian menjadi Partai Golkar. 


Ketua terpilih, Pdt. Widi menambahkan dalam konferda ini menghasilkan terbentuknya Pengurus DPD PIKI Kalsel untuk periode 2023 sampai 2028. Kami bersyukur ada beberapa calon DPC juga bisa ikut menghadiri acara konferda. Yaitu dari Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Tanah Laut.

Bahkan kami juga bersyukur kehadiran peserta melampaui kapasitas yang ditentukan.

Atas nama pengurus yang terpilih, saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Yunus Ongkowidjojo atas peranannya sebagai caretaker sehingga konferda PIKI yang diadakan pada hari ini berjalan dengan sukses. 

Harapan saya, kedepan PIKI semakin eksis dan dapat berkontribusi positip bagi pembangunan banua. Kalimantan Selatan. Demikian pungkas Pdt. Widi.

ernki

MK


0 Komentar