WARGA KECAMATAN JEJANGKIT DAN PT PALMINA ,HADIRI UNDANGAN AUDENSI DPRD PROViNSI KALSEL

 


BATOLA ," MEDIA KALSEL.MY.ID 

PT Palmina dan PT PBB Memenuhi undangan DPRD PROVINSI KALSEL.

PT Palmina dan pt PBB menghadiri audiensi bersama warga Jejangkit Batola di kantor DPRD PROVENSI , aula H ismail ,Kamis (13/4/2023).

Dalam audiensi juga hadir 7 kepala desa kecamatan jejangkit di gedung DPRD Kalsel.

Pihak perusahaan melakukan langkah perbaikan yaitu dengan membantu pembiayaan pembersihan sungai ditanggung PT Palmina termasuk pengadaan mesin karena dari Pemkab Batola keterbatasan anggaran.

Berdasarkan kalkulasi Dinas PUPR Batola, anggaran yang dibutuhkan untuk pembersihan sungai sekitar Rp2,5 miliar

“Kami juga melakukan perbaikan pada sistem pengelolaan aliran sungau dengan membuka pengairan, akan tetapi masih terkendaka dibirokrasi. Ada beberapa yang belum bisa kami lakukan, seperti mau pakai ini kan konteknya kita harus pakai TAP kita belum dapat izin kelola gali lahan ini sangat berpengaruh.”ujar Anas perwakilan dari PT Palmina.

Sementara itu, perwakilan warga meminta agar saluran air dari perkebunan sawit, tidak dialirkan ke sungai Jejangkit dan Alalak serta meminta tanggul air perusahaan sawit dibuka agar aliran air langsung ke Sungai Barito

“Kita meminta permasalahan ini bisa selesai hari ini juga, agar semua terbuka dan permasalahan selesai dengan cepat,” ujarnya.

Dalam audensi tersebut tercetus beberapa poin kesepakatan antara pihak perusahaan sawit dengan warga Jejangkit, audensi menghadirkan Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Walhi Kalsel, Dinas PUPR Kalsel dan PT PBB serta PT Palmina. .

salah satu warga yang tidak mau d sebut namanya mengatakan,"" jaka bukakan haja handil yang di minta ,biar lakas basurut  biar kawa bahuma " 


galuh MK

0 Komentar