7 April 2023 BAKORMAD Wilayah Kalimantan Selatan telah terbentuk.

 


Mediakalsel.my.id

Landasan Ulin, Banjarbaru

Badan Komando Laskar Masyarakat Adat Dayak yang disingkat BAKORMAD, adalah merupakan sub organisasi Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) ditingkat nasional, dan sub organisasi Dewan Adat Dayak sesuai tingkatannya (Wilayah Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa), yang tugas dan fungsinya antara lain adalah mengamankan pelaksanaan keputusan-keputusan dan program kerja yang dikeluarkan oleh MADN dan DAD. Untuk Wilayah Kalimantan Selatan, pada tanggal 7 April 2023, struktur BAKORMAD Wilayah Kalimantan Selalan telah terbentuk.


Sebelumnya, Pengurus DAD Provinsi Kalimantan Selatan mendapat perintah dari BAKORMAD Nasional, melalui Surat Mandat  nomor : 003/SM/BN/I/2023, 31 Januari 2023. Adapun perintah yang langsung ditandatangani, Cornelis N. Anton (Panglima Bakormad Nasional) dan Letambunan Abel (Sekjen Bakormad Nasional), tersebut antara lain, menugaskan kepada DAD Provinsi Kalimantan Selatan untuk segera melakukan sosialisasi dan pembentukan struktur Bakormad Wilayah Kalimantan Selatan. 





Berdasarkan Surat Mandat tersebut, 3 orang penerima mandat, Abdul Kadir, Robby M. Ngaki dan Acmad Iswanto bergerak cepat, untuk mencari dan menghubungi sosok pemimpin yang tepat. Dan akhirnya pada tanggal 7 April 2023 dalam acara Rapat Pembentukan struktur Bakormad Wilayah Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan di Sekretariat DAD Kalsel,  jl. A. Yani km.20 komplek dua sekawan RT.09 RW.03 landasan Ulin Banjarbaru  terpilihlah Muhammad Maji, sebagai Panglima Bakormad Wilayah Kalimantan Selatan, beserta jajaran struktur dibawahnya. 


Selanjutnya, sebelum berbuka puasa bersama, dilaksanakan penyerahan daftar nama struktur Bakormad Wilayah Kalimantan Selatan kepada Muhammad Maji. Pada saat itu, Abdul Kadir, Ketua Umum DAD Kalsel, berpesan kepada Muhamad Maji dkk untuk segera :

1.  Menghubungi beberapa tokoh Kalsel agar bersedia menjadi Pembina Bakormad Wilayah Kalsel.

2. Melakukan sosialisasi dan pembentukan struktur Bakormad di 13 Kabupaten/Kota Kalimantan Selatan. Sehingga pelantikan dapat dilakukan serentak. 

3. Mempersiapkan acara pelantikan struktur Bakormad Wilayah Kalimantan Selatan. 


er(NKI)

MK

red.

0 Komentar