Abu Erupsi Gunung Semeru Capai Ketinggian 400 Meter

 

foto istimewa

MediaKalsel, Surabaya - Gunung Semeru masih erupsi pukul 05.02 WIB. Kali ini teramati mengeluarkan abu sejauh kurang lebih 400 meter di atas puncak kurang lebih 4.076 meter di atas permukaan laut, Selasa (6/12/2022).

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan dan barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 73 detik.

"Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 100-300 meter dari puncak," kata Petugas PVMBG, Mukdas Sofian dalam keterangannya sepeti di kutip dari detik.com

Namun warga diimbau tetap tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas 500 meter dari tepi sungai (Sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

"Sebab masih berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 19 KM dari puncak," tambahnya.

Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Sebelumnya, Senin (5/12/2022) pukul 21.50 WIB, puncak Gunung Semeru terpantau mengeluarkan lava pijar yang menyala kemerahan. Pemandangan itu terpotret dalam kamera CCTV Pos Pantau Semeru milik BPBD.

Dalam foto yang diambil dari rekaman kamera CCTV Semeru milik BPBD dan disebarkan di media sosial itu juga terlihat awan panas masih mengepul.

Hingga saat ini Gunung Semeru berada pada tingkat aktivitas Level IV atau Awas meskipun aktivitas vulkanik mereda setelah terjadinya erupsi pada Minggu (4/12/2022). (Spy)

0 Komentar